Selasa, 28 Februari 2012

Perluasan Masjidil Haram Secara Bertahap Gusur Puluhan Hotel

Maket Perluasan Area Masjidil Haram
Perluasan Masjidil Haram Makkah kali ini terbesar sepanjang sejarah di kota Makkah dan Madinah. Selain perluasan pelataran tersebut, juga dilakukan pembangunan perluasan terowongan untuk pejalan kaki jalur keluar masuk Masjidil Haram. Ada sekitar seribu bangunan yang akan tergusur demi proyek akbar ini. Sementara itu, perluasan tempat ibadah sa’i di Masjidil Haram masih berlanjut terus menerus. Perluasan tempat sa’i ini sudah dimulai sebelum musim haji 1428 H dan sempat berhenti pembangunannya saat musim haji berlangsung.



Gambar paling atas memperlihatkan maket perluasan Masjidil Haram, di Mekah, Arab Saudi,  Proyek perluasan halaman Masjidil Haram ini seluas 300 ribu meter persegi menggusur gedung dan hotel mulai wilayah ‘Pasar Seng’ dari sebelah utara sampai sebelah barat daya yaitu wilayah Gazzah serta merupakan proyek terbesar sepanjang sejarah di kota Makkah dan Madinah menelan biaya 6 miliar Riyal Saudi digarap oleh kontraktor Bin Laden.


Pembangunan yang sudah dimulai
Menurut sumber-sumber informasi, total luas Masjidil Haram yang ada 356.000 meter persegi menampung 770.000 jamaah sedangkan ekspansi baru seluas 456.000 meter persegi akan menampung 1,2 juta.
Proyek baru ini akan terdiri dari tiga bagian: pembangunan gedung baru; perluasan dan pengembangan halaman sekitar masjid, termasuk trotoar, terowongan dan toilet, dan pengembangan fasilitas pelayanan untuk AC, listrik dan air minum.
Sejumlah hotel bertingkat baru akan dibuat pada akhir halaman dari ekspansi baru. Jalur besar akan dibuat antara gedung-gedung untuk peziarah dan jamaah untuk mencapai masjid itu. Proyek ini juga mencakup pengembangan kawasan Jabal Hindi.
Abdullah bin Zubair Street akan dikembangkan menjadi suatu arteri utama yang menghubungkan Hajoun Street dan jalan lingkar pertama dan kedua.
Jamaah melaksanakan ibadah disekitar ka'bah dengan latar belakang alat2 berat
Sebuah terowongan 1.200 meter akan dibangun dari ujung ekspansi melewati Jabal Hindi sementara yang lain terowongan dengan panjang 1.100 meter akan dibangun di bawah Jabal Madafie. Darurat 700 meter terowongan melintasi dua terowongan lainnya akan dibangun dari Jabal Al-Ka'bah.

Diambil dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar