Oleh: Syekh Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi
Dalam kitab Shahih Muslim disebutkan, sesungguhnya
Rasulullah SAW tinggal (di Madinah), tidak pergi haji selama sembilan
tahun. Kemudian pada tahun kesepuluh diumumkan kepada halayak bahwa
Rasulullah SAW akan berangkat melaksanakan haji. Datanglah ke Madinah
manusia yang banyak, semuanya hendak mengikuti Nabi SAW dan mengerjakan
seperti apa yang beliau kerjakannya.
Ketika Rasulullah dan rombongan tiba di Dzul Hulaifah, Asma binti
Umaisy melahirkan Muhammad bin Abi Bakar, kemudian Asma bertanya kepada
Rasulullah, “Apa yang harus aku lakukan?”
Beliau menjawab, “Mandilah dan bercawatlah dengan kain (sebagai pembalut), kemudian berihramlah!”
Setelah itu beliau shalat di masjid dan menunggang Qashwa (unta
beliau) hingga apabila unta itu telah sampai di Baida’. Turunlah firman
Allah SWT. Beliau kemudian dikerumuni para sahabat dan rombongan haji.
Kemudian beliau memulai haji dengan talbiyah, “Labbaika Allahumma
labbaika, la syarika laka labbaika, innalhamda wanni’mata laka la
syarika laka (Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu.
Aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu.
Segala puji, nikmat dan kerajaan adalah milik-Mu, tiada sekutu
bagi-Mu.”
Manusia pun ikut bertalbiyah dengan talbiyah ini, yang mereka pakai
bertalbiyah. Rasulullah tidak pernah menambah sedikit pun talbiyah ini,
beliau terus mengulanginya.
Jabir RA berkata, “Kami tidak meniatkan kecuali haji, kami tidak
mengenal umrah hingga kami sampai di Ka’bah bersama beliau mengusap
Hajar Aswad, beliau (thawaf sambil) berlari-lari kecil pada tiga putaran
pertama dan berjalan pada empat putaran berikutnya, kemudian pergi ke
Maqam Ibrahim dan membaca, “Wattakhizu min maqami Ibrahima musholla, “… Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat shalat…” (QS. Al-Baqarah: 125).
Beliau menjadikan Maqam Ibrahim berada antara beliau dan Ka’bah.
Kemudian beliau kembali mengusap Hajar Aswad. Setelah itu beliau menuju
Shafa, ketika dekat dengan Shafa beliau membaca, “Sesungguhnya Shafa dan Marwa adalah sebagian dari syi’ar Allah…” (QS Al-Baqarah: 158).
Lalu berkata, “Aku memulai dengan apa yang dimulai oleh Allah.”
Beliau pun memulai dari bukit Shafa, menanjakinya sampai beliau
melihat Ka’bah dan menghadap Kiblat, kemudian beliau mengucapkan kalimat
tauhid kepada Allah serta bertakbir, beliau berkata,
”
لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكَ
وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، لاَ إِلهَ إِلاَّ
اللهُ وَحْدَهُ، أَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ
اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ.
“Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah
semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan, bagi-Nya
segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada ilah yang
berhak diibadahi dengan benar selain Allah semata. Yang melaksanakan
janji-Nya, membela hamba-Nya (Muhammad) dan mengalahkan golongan musuh
sendirian.”
Di sela-sela itu itu beliau berdoa dan mengulangi bacaan ini tiga
kali, kemudian beliau turun menuju Marwa hingga ketika kedua telapak
kaki beliau menginjak perut lembah beliau berlari-lari kecil. Ketika
beliau mulai naik menuju bukit Marwa beliau berjalan hingga sampai ke
Marwa.
Di Marwa beliau mengerjakan seperti apa yang telah dikerjakan di Shafa, hingga sa’i beliau berakhir di Marwa, beliau bersabda, “Seandainya
aku mengetahui apa yang aku ketahui sekarang, niscaya aku tidak akan
membawa hewan sembelihan dan akan aku jadikan hajiku sebagai umrah.
Barangsiapa di antara kalian yang tidak memiliki hewan kurban, hendaknya
ia bertahallul dan menjadikan hajinya sebagai umrah.”
Suraqah bin Malik bin Ju’syum berdiri dan bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah untuk tahun ini saja atau untuk selamanya?”
Kemudian beliau menjalin jari-jeraminya satu dengan yang lain dan bersabda, “Telah masuk umrah dalam haji.’ (Beliau mengulangnya dua kali) bahkan untuk selama-lamanya.”
Kemudian Ali datang dari Yaman membawa unta-unta Rasulullah SAW dan
menjumpai Fathimah termasuk orang-orang yang bertahallul, memakai
pakaian yang dicelup dan bercelak. “Ali pun mengingkari hal ini,
Fathimah berkata, “Sesungguhnya ayahku memerintahkanku untuk melakukan
hal ini.”
Ketika di Irak, Ali berkata, “Kemudian aku pergi mengadukan apa yang
diperbuat oleh Fathimah kepada Rasulullah SAW, ia bertanya kepada beliau
akan apa yang diceritakan Fathimah tentang beliau. Aku juga
menceritakan bahwa aku telah mengingkari apa yang dikerjakan Fathimah
ini.”
Beliau bersabda, “Ia benar, ia benar. Apa yang engkau katakan ketika engkau mengerjakan haji?”
Ali menjawab, “Ya Rabb-ku, aku berihram dengan apa yang diihramkan oleh Rasul-Mu.”
Rasulullah bersabda, “Aku membawa hewan kurban, maka engkau jangan bertahallul.”
Hewan kurban yang terkumpul baik yang dibawa oleh Ali RA maupun yang
dibawa oleh Nabi SAW, sebanyak seratus ekor. Kemudian semua jamaah haji
bertahallul dan memendekkan (mencukur) rambut mereka kecuali Nabi SAW
dan orang-orang yang membawa hewan kurban.
Ketika tiba hari Tarwiyah, mereka semua berangkat menuju Mina, mereka
memulai manasik haji. Rasulullah SAW menaiki tunggangannya, kemudian
(setelah tiba beliau) mengimami mereka shalat Dzhuhur, Ashar, Maghrib,
Isya, dan Subuh.
Setelah shalat Subuh beliau menunggu sebentar sampai terbit matahari,
beliau meminta didirikan kemah untuk beliau di Namirah. Rasulullah
kemudian mulai bertolak, orang-orang Quraisy tidak meragukan kecuali
beliau berhenti di Masy’aril Haram seperti yang dilakukan oleh
orang-orang Quraisy pada zaman jahiliyah, beliau telah melewati Mina dan
menuju Arafah hingga ketika sampai di (dekat) Arafah beliau mendapatkan
kemahnya telah di pasang di Namirah. Beliau pun singgah di tempat
tersebut.
Ketika matahari telah tergelincir beliau memerintahkan agar untanya,
al-Qashwa, disiapkan. Beliau pergi ke tengah-tengah lembah dan
berkhutbah di tengah-tengah manusia. Beliau bersabda, “Sesungguhnya
darah dan harta kalian haram atas kalian seperti keharaman hari ini,
bulan ini dan negeri kalian ini. Ketahuilah sesungguhnya segala macam
perbuatan jahiliyah (yang telah lalu pada masa jahiliyah) di bawah kedua
telapak kakiku telah dilupakan (tidak dihukum). Darah (pembunuhan)
jahiliyah (yang telah lalu pada masa jahiliyah) telah dilupakan (tidak
dihukum). Darah (pembunuhan) pertama yang dilupakan (tidak dihukum) dari
darah-darah kita adalah darah Ibnu Rabi’ah bin Al-Harits. Dia mencari
perempuan yang menyusuinya dari Bani Laits, tetapi perempuan itu dibunuh
oleh Hudzail.
Riba jahiliyah (yang telah lalu pada masa jahiliyyah) telah
dilarang. Riba pertama yang dihapuskan adalah riba Abbas bin Abdil
Muththalib. Bertakwalah kepada Allah mengenai (hak-hak) wanita.
Sesungguhnya kalian telah mengambil mereka dengan amanah dari Allah dan
kehormatan mereka menjadi halal bagimu dengan kalimat Allah.
Hakmu atas mereka adalah mereka tidak boleh mengizinkan orang
yang kalian benci menginjakkan kaki di rumah kalian, apabila mereka
mengerjakan hal ini pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menyakiti.
Hak mereka yang menjadi kewajibanmu adalah memberi mereka nafkah dan
pakaian yang pantas.
Aku telah meninggalkan di tengah-tengah kalian sesuatu yang
apabila kalian ber-pegang teguh kepadanya kalian tidak akan tersesat;
Kitabullah dan Sunnah Rasulullah. Dan kalian akan ditanya tentang aku,
apakah yang akan kalian katakan?”
Para sahabat menjawab, “Kami bersaksi bahwasanya engkau telah
menyampaikan (risalah Rabb-mu), engkau telah menunaikan (amanah) dan
telah menasehati (umat).”
Kemudian Rasulullah SAW bersabda sambil mengacungkan telunjuk ke langit kemudian mengarahkannya ke khalayak, “Ya Allah, saksikanlah! Ya Allah, saksikanlah! Ya Allah, saksikanlah!”
Setelah adzan dan iqamat beliau shalat Dzuhur, kemudian iqamat dan
shalat Ashar (qashar dengan jamak taqdim). Beliau tidak melakukan shalat
apa pun lagi di antara keduanya. Lalu beliau menaiki kendaraan menuju
ke tempat wukuf. Beliau merapatkan perut untanya (Al-Qashwa) ke
batu-batu besar. Beliau berhenti di jalan besar dan menghadap kiblat.
Beliau terus wukuf hingga matahari terbenam, rona kuning sedikit demi
sedikit mulai menghilang dan matahari benar-benar tenggelam. Beliau
membonceng Usamah di belakang, kemudian mulai bertolak. Beliau
mengencangkan kendali untanya sampai-sampai kepala unta itu menyentuh
tempat duduk kendaraan. Beliau memberi isyarat dengan tangan kanannya
sambil bersabda, “Wahai sekalian manusia, tetaplah tenang, tetaplah tenang.”
Beliau mengendorkan tali kekang untanya sedikit demi sedikit hingga
unta itu dapat berjalan mendaki. Setibanya di Muzdalifah beliau shalat
Maghrib dan Isya dengan satu kali adzan dan dua kali iqamat (qashar
dengan jamak ta’hir), beliau tidak membaca tasbih apa pun di antara
keduanya. Kemudian beliau berbaring hingga fajar terbit. Beliau shalat
Subuh ketika waktu Shubuh sudah tampak jelas dengan sekali adzan dan
iqamat.
Setelah itu beliau berangkat dengan untanya, hingga ketika sampai di
Masy’aril Haram beliau menghadap Kiblat, lalu membaca doa, takbir dan
tahlil kepada Allah. Beliau tetap berada di situ hingga terang
benderang, lalu beliau bertolak sebelum matahari tebit. Beliau
membonceng Fadhl bin Abbas.
Setibanya di Jumrah dekat pohon, beliau melempar tujuh kali dengan
batu-batu kecil, di setiap lemparan beliau bertakbir, setiap biji batu
ukurannya sebesar kelingking. Beliau melempar dari tengah-tengah lembah
itu. Kemudian beliau menuju tempat penyembelihan. Rasulullah menyembelih
63 hewan sembelihan dengan tangannya sendiri. Setelah itu, beliau
memberi sisanya kepada Ali dan beliau menyertakan Ali dalam sembelihan
tersebut.
Beliau kemudian memerintahkan agar mengambil sedikit dari setiap
hewan-hewan sembelihan itu, kemudian dimasukkan dalam satu panci dan
dimasak. Mereka berdua pun makan daging tersebut dan minum kuahnya.
Rasulullah kemudian menaiki kendaraan menuju Baitullah (Ka’bah) untuk
thawaf Ifadhah dan beliau shalat Dzuhur di Makkah. Beliau juga
mendatangi Bani Abdil Muththalib yang tengah memberi air minum dari air
zamzam dan bersabda, “Timbalah air, wahai Bani Abdil Muththalib.
Seandainya aku tidak khawatir manusia akan mengalahkan kalian dalam
usaha mengambil air ini, niscaya aku akan ikut mengambil air bersama
kalian.”
Mereka pun menyodorkan kepada Rasulullah SAW setimba air dan beliau pun meminum air tersebut.
Redaktur: Chairul Akhmad
Sumber: Disarikan dari kitab Al-Wajiiz fii Fiqhis Sunnah wal Kitaabil Aziiz
karya Syekh Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, Edisi Indonesia Panduan
Fiqih Lengkap, Penerjemah Team Tashfiyah LIPIA – Jakarta, Penerbit
Pustaka Ibnu Katsir.
http://www.jurnalhaji.com/2011/11/09/manasik-haji-rasulullah-saw/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar